Lion Air Buka Kesempatan Lulusan SMU Bisa Jadi Pilot

Unikwow – Berita Unik

Lion Air Buka Kesempatan Lulusan SMU Bisa Jadi Pilot

Lion Air Buka Kesempatan Lulusan SMU Bisa Jadi Pilot, Ini adalah sebuah peluang yang sangat langka, Lion Air Grup memberi kesempatan untuk pelajar lulusan Sekolah Menengah Umum (SMU) untuk bisa jadi pilot. Hal ini dilakukan untuk mengakali kelangkaan pilot keluaran lokal.

” Lulusan SMA dapat mendaftarkan sebagai pilot di perusahaan kami. Di perusahaan kami juga ada sekolahnya, nanti juga ada kursus spesial pilot dari Angkasa Training Center (ATC) serta Airbus Training Center, ” ujar General Manager Angkasa Training Center (ATC) Lion Air Grup Dibyo Soesilo di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (12/1).

Dibyo mengatakan, industri penerbangan dalam negeri selalu bertambah. Sayangnya, ini belum dapat disertai dengan ketersediaan pilot lokal.

Karena itu banyak maskapai memekerjakan pilot asing. Maka dari itu, Lion Air buka kesempatan lulusan SMA pemegang Commercial Pilot License (CPL) untuk menjadi pengemudi pesawat terbang.

” Beda dengan di luar negeri, bila di luar negeri ini pilot seluruhnya harus lulusan Strata 1 (sarjana). Jika di Indonesia Airline Pilot Transport Licence (APTL) ini baru disyaratkan jika seorang pilot ingin menjadi kapten, ” terang dia.

” Kriteria ini bukanlah diputuskan oleh masing-masing perusahaan pendidikan pilot namun sudah ditata dalam ketetapan Kementerian Perhubungan. ”

Pada 2014, ATC telah meluluskan 237 pilot. Satu tahun lalu bertambah menjadi 391 pilot.

” Hasil lulusan pilot kami juga belum memenuhi kebutuhan yang ada, ” jelasnya.

Mengenai lama pendidikan bergantung dari jenis pesawat akan diterbangkan. Untuk Airbus 320, lama pendidikan pada 115-130 hari, Boeing 737-900ER sekitar 141-156 hari, pun ATR 72 kurang lebih 112-120 hari.

” Lulusan pilot dari ATC nanti dapat juga bersaing di internasional. “

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *