Prediksi Fenomena Langit Yang Akan Terjadi Tahun 2015

Unikwow – Berita Unik

Prediksi Fenomena Langit Yang Akan Terjadi Tahun 2015 –  Tak terasa tahun 2014 telah berjalan momen astronomis mulai dari hujan meteor, gerhana bulan keseluruhan, hingga komet Siding Spring yang melintas dekat pada planet Mars. Tahun ini bisa diperkirakan bakal berjalan fenomena sama. Ada fenomena langit apa sajakah tahun ini? Berikut prediksinya :
Prediksi Fenomena Langit Yang Akan Terjadi Tahun 2015

1. Vernal Equinox (Sabtu, 21 Maret 2015)
Vernal equinox yakni saat dimana Matahari ada di perpotongan ekliptik dan ekuator seusai sebelumnya ada di selatan ekuator. Pada kali ini Matahari tepat ada di khatulistiwa hingga panjang siang dan malam di seluruhnya belahan bumi tepat 12 jam. Ini bisa mengisyaratkan bakal bertukarnya musim hujan dengan musim kemarau di Indonesia. Tengah di belahan bumi utara mengisyaratkan bakal datangnya musim semi dan di belahan bumi selatan mengisyaratkan bakal datangnya musim gugur.

2. Gerhana Bulan Total (Sabtu, 4 April 2015)
Gerhana bulan total yang berjalan pada kali ini merupakan satu dari dua gerhana bulan total yang berjalan tahun ini. Sayangnya, pada gerhana bulan total kedua yang bakal berjalan pada tanggal 28 September 2015 tidak ada satupun tempat Indonesia yang bisa lihat. Gerhana bulan kali ini bakal berjalan pada pukul 17 : 15 s/d 20 : 45 WIB untuk fase gerhana sebagian. Sedang untuk fase gerhana total bakal jalan pada 18 : 54 s/d 19 : 06 WIB.

3. Puncak Hujan Meteor Eta Aquarids (Jumat, 8 Mei 2015)
Hujan meteor puncak pada kali ini diperkirakan bakal terkesan hingga 30 meteor tiap-tiap jam. Meteor-meteor Eta Aquarids bakal terkesan melesat dari arah rasi Aquarius yang ada di arah timur seusai tengah malam hingga matahari terbit.

4. Elongasi Maksimum Venus (Minggu, 7 Juni 2015)
Venus mencapai ketinggian maksimum di langit barat saat senja. Ketinggiannya mencapai 45, 4 derajat dari Matahari. Sebabnya planet Venus terkesan terang dari Bumi. Seusai kali ini, ketinggian Venus bakal bertahap bertidak lebih hingga selanjutnya ada di segi Matahari hingga tidak terkesan pada pertengahan Agustus 2015. Lalu Venus bakal terkesan kembali di langit timur saat fajar.

5. Konjungsi Venus dan Jupiter (Rabu, 1 Juli 2015)
Pada kali ini, dua planet yakni Venus dan Jupiter bakal tampak dari Bumi. Keduanya bakal terkesan sangat dekat dengan jarak kurang lebih 20, 1 menit busur alias seputar 2/3 diamater bulan.

6. Puncak Hujan Meteor Perseids (Kamis, 13 Agustus 2015)
Hujan meteor ini bisa disebut merupakan hukan meteor terindah tahun 2015. Diperkirakan Perseids yang tercatat sebagai hujan meteor paling tidak sedikit menghasilkan fireball ini bakal menghasilkan hingga 100 meteor tiap-tiap jam saat puncak. Meteor-meteor Perseids bakal terkesan melesat dari arah rasi Perseus yang ada di timur laut seusai tengah malam hingga mendekati matahari terbit.

7. Konjungsi Venus, Jupiter dan Mars (Kamis, 28 Oktober 2015)
Sekarang ini 3 planet sekalian, yakni Venus, Jupiter dan Mars, bakal terkesan berdekatan. Venus bakal terkesan ada diantara Jupiter dan Mars dimana jarak Venus ke kedua planet seputar 2, 5 derajat.

8. Puncak Hujan Meteor Leonids (Rabu, 18 November 2015)
Pada puncaknya kali ini diperkirakan bakal terkesan hingga 20 meteor setiap jam. Meteor-meteor Leonids bakal terkesan melesat dari arah rasi Leo yang ada di timur seusai tengah malam hingga mendekati matahari terbit.

9. Puncak Hujan Meteor Geminids (Senin, 14 Desember 2015)
Geminids yaitu hujan meteor terbaru pada tahun 2015 yang jalan pada tanggal 7 s/d 17 Desember 2015. Pada puncaknya kali ini diperkirakan bakal terkesan hingga 90 meteor tiap-tiap jam. Meteor-meteor Geminids bakal terkesan melesat dari arah rasi Gemini yang ada di barat waktu awal hari hingga mendekati matahari terbit.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *