Modus Penipuan Baru Dengan Meretas BBM

Modus Penipuan Baru

Unikwow : Berita UnikModus Penipuan Baru Dengan Meretas BBM, Seiring berkembanganya dunia tekenologi, para peretas (hacker) juga makin hari makin pandai dalam menjalankan aksinya. Saat Ini ini, mulai banyak peretas yang dapat melakukan pencurian akun ID Smartphone atau akun BlackBerry (BB) seseorang.

Peristiwa inilah yang menimpa seorang polwan, Aiptu Desi Triana dan mengadukan pembajakan ID smartphone miliknya ke PolresKabupaten Bogor. Mereka mengaku sudah dirugikan dengan tindakan peretas yang telah membobol personal identification number (PIN) smartphone dan e-mail miliknya.

Berdasarkan penuturan Desi, pada mulanya ia mendapat kiriman broadcast dari rekan yang tidak dikenalnya. Broadcast itu berisi info tentang polwan, TMC Polri, dan informasi polda. Setelah membukanya, Desi mengaku kesulitan untuk menutupnya. Pada saat itulah, diduga terjadi pembajakan.

“Bukanya gampang tetapi tautan itu sulit ditutup. Beberapa kali meminta pin saya. Sampai beberapa kali saya tulis PIN, tiba-tiba ponsel saya error dan mati total,” imbuh Desi.

Dikala handphone Desi mati, ia dikagetkan dengan aktivitas smartphone miliknya yang tetap beroperasi.

“Profil berganti dan update status. Padahal, bukan saya yang buat,” ujar Desi.

Bukan hanya itu, si pelaku juga bahkan leluasa mengirimkan pesan broadcast ke kawan kerja dan saudaranya untuk minta pulsa dan transfer uang. Humas Polres Bogor Ajun Komisaris Ita Puspitalena mengakui, pada tiga bulan terakhir, terjadi dua kasus serupa. Katanya, perbuatan peretasan aplikasi smartphone ini adalah modus baru kejahatan dunia maya.

Peristiwa mirip juga terjadi di Depok yang menimpa Angga Pahlevi (30), seorang jurnalis yang bertugas di Kota Depok. Ponsel BlackBerry kepunyaanya diretas. Akibatnya, semua kontak BBM yang berteman dengan Angga, dikirimi pesan Ping. Lalu diteruskan dengan pesan permintaan pulsa senilai Rp 200.000.

“Awalnya saya tak menyadari, hingga hasilnya teman-teman saya menelpon dan mempertanyakannya (tujuan meminta pulsa),” tutur Angga.

Pria yang bekerja di Harian Poskota itu mengaku sangat dirugikan dengan peristiwa ini. Dia akhirnya menginstal ulang ponselnya.

“Saya jelas malu dong, disangkanya saya minta-minta pulsa. Kontak saya itu juga ada rekan narasumber saya,” tutur dia.

Selain itu peristiwa ini juga dialami oleh Humas PT KAI Commuter Line Jabodetabek (KCJ), Eva Chairunisa. Pekan lalu, BB miliknya diretas. Sama seperti Angga, si peretas juga menjalankan modus meminta pulsa ke nomor 08525572154.

“Iya, BBM saya dibajak dan yang membajak minta belikan pulsa menggunakan BBM saya,” imbuh Eva.

Eva pun akan melaporkan kejadian ini ke Polda Metro Jaya. Dirinya merasa sudah dirugikan baik moral maupun materiil.

“Polisi mesti menangkap orang yang melakukan aksi ini,” kata Eva.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *